Servis Suzuki Mobil yang dinamai ‘Express Maintenance’

Servis Suzuki Mobil yang dinamai ‘Express Maintenance’ | Agen tunggal pemegang merek (ATPM) kendaraan Suzuki di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales, berupaya terus meningkatkan layanan purnajual mereka, salah satunya dengan menambah jumlah dealer yang menerapkan perawatan mobil express maintenance sebanyak 93 dealer.  Hal itu disampaikan Service Assistant to Department Suzuki Riecky Patrayudha di sela-sela rangkaian media test drive New Ertiga, yang menempuh rute Jakarta-Cirebon, 9-10 September. “Kami terus meningkatkan layanan purnajual, termasuk mempercepat cara melayani konsumen dengan implementasi express maintenance,” katanya.

Express maintenance merupakan pelayanan perawatan mobil yang menggunakan perlengkapan rancangan khusus agar bisa menyelesaikan perawatan tanpa mengurangi kualitas, dengan durasi maksimal 30 menit proses pengerjaan. Layanan tersebut diperkenalkan sejak Januari 2014 dan kini telah diterapkan di 58 dealer resmi Suzuki yang memiliki fasilitas bengkel di seluruh Indonesia. Salah satu dealer resmi yang telah menerapkan Servis Suzuki Mobil express maintenance adalah PT Nusantara Jaya Sentosa.

Konsep layanan Express Maintenance di setiap dealer terdiri dari 2 stall kerja dengan 4 orang teknisi dan 1 orang inspektor yang telah mengikuti training khusus dan telah bersertifikat training Express Maintenance dari Training Centre Suzuki. Dengan layanan Express Maintenance, pengerjaan servis dapat diselesaikan dalam waktu 2 kali lebih cepat atau kurang dari 60 menit bila dibandingkan dengan servis reguler. Sejak pertama kali mulai berjalan pada Agustus 2013, layanan ini menawarkan beberapa pilihan menu pekerjaan servis, yaitu:

  • Paket A (kelipatan 5.000 KM)
  • Paket B (Kelipatan 10.000 KM)
  • Paket C (Kelipatan 20.000 KM)
  • Free  Service 1
  • Free Service 2
  • Free Service 3
  • Free Service 4

Selain keuntungan waktu servis yang lebih cepat dengan harga yang sama, layanan baru ini juga menawarkan kemudahan lain bagi konsumen  Suzuki, yakni konsumen dapat melakukan bookinglayanan Express Maintenance. Dengan kemudahan tersebut, konsumen dapat melakukan bookingsebelum datang ke dealer.

Sejumlah tools canggih dibutuhkan selain jumlah pekerja yang melebihi jumlah umumnya sehingga servis dilakukan secara ‘keroyokan’. Namun soal tools, pihak Suzuki menyebut bahwa dealer tidak diberikan subsidi oleh Suzuki. “Kami saat ini di Suzuki untuk stall minimal ada tiga. Kami tidak melakukan subsidi sama sekali, jadi ini full dibeli oleh dealer,” ujar Riecky Patrayudha, Asst. Dept Head After Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)

Pelatihan dalam Servis Suzuki Mobil ‘Express Maintenance’ dilakukan bahkan hingga ke pekerja bukan teknisi. Training dilakukan dalam satu minggu, lima hari kerja, yang mencakup teori dan praktik. Empat orang teknisi dan satu pengawas akan bekerja untuk satu mobil. Adapun program ini tersedia di 28 dealer resmi Suzuki di seluruh Indonesia dan ditargetkan jumlahnya akan terus bertambah. Demikian pembahasan Servixe Exspress Ini, untuk membahas artikel berikutnya yaitu Spesifikasi harga suzuki Carry Pickup Futura

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *